28 Des 2012

Pilih Sendiri Petualangan Sel-Sel Kelabumu



Belum pernah membaca karya Agatha Christie? Ingin memulai tapi bingung harus memilih judul yang mana dari sekian banyak novel beliau? Tips berikut mungkin bisa sedikit membantu.


Menurut situs agathachristie.com, semua tergantung pada selera kalian! Bila kalian menyukai detektif laki-laki, maka sudah jelas Hercule Poirot adalah pilihan utama. Mulailah dengan membaca The Mysterious Affair a Styles (Misteri di Styles), novel perdana Agatha yang menampilkan karakter detektif sombong berkebangsaan Belgia dengan kepala berbentuk bulat telur itu, atau bila sudah siap "dikibuli' habis-habisan dalam petualangan pertama kalian, silakan pilih The Murder of Roger Ackroyd (Pembunuhan Atas Roger Ackroyd) yang bahkan masuk dalam daftar 1001 Books You Must Read Before You Die.

Percaya kalau gosip dan gunjingan pun bisa membantu memecahkan kasus kejahatan? Mungkin kisah petualangan Miss Marple, wanita tua dari desa kecil yang terlihat rapuh namun memiliki pikiran setajam pisau adalah pilihan yang sesuai. Bisa jadi ada sebagian orang yang berkata buku-buku Agatha Christie yang melibatkan Miss Marple kurang seru bila dibandingkan dengan Hercule Poirot, namun saya pribadi berpendapat kisah-kisah Miss Marple juga sama asyiknya dan punya ciri khas tersendiri. Situs agathachristie.com menyarankan pembaca baru untuk ikut berpetualang bersama Miss Marple dalam Murder at The Vicarage (Pembunuhan di Wisma Pendeta). Selain judul di atas, saya juga merekomendasikan A Pocket Full of Rye (Misteri Burung Hitam) dan Nemesis.

Masih bingung juga? Tidak masalah kalau kalian ingin mulai dari judul-judul yang masuk kategori favorit Agatha Christie sendiri. Berikut daftarnya (yang bertanda * berarti termasuk kesukaan saya juga):
  1. And Then There Were None (Lalu Semuanya Lenyap) *
  2. The Murder of Roger Ackroyd (Pembunuhan Atas Roger Ackroyd) *
  3. A Murder is Announced (Iklan Pembunuhan) 
  4. Murder on The Orient Express (Pembunuhan Di Atas Orient Express) *
  5. The Thirteen Problems (Tiga Belas Kasus)
  6. Towards Zero (Menuju Titik Nol)
  7. Endless Night (Malam Tanpa Akhir)
  8. Crooked House (Buku Catatan Josephine) *
  9. Ordeal by Innocence (Mata Rantai Yang Hilang)
  10. The Moving Fingers (Pena Beracun)
Ada juga novel-novel Agatha Christie yang tidak menampilkan Poirot maupun Miss Marple tapi tidak kalah 'mengigit'. Salah satu favorit saya adalah The Mysterious Mr Quin (Mr Quin Yang Misterius). Tapi terlepas dari judul mana yang akhirnya dipilih, semoga ini akan menjadi awal petualangan seru kalian mengasah 'sel-sel kelabu' bersama para detektif dari dunia seorang Agatha Christie :D


Sumber: www.agathachristie.com

5 komentar:

  1. blogwalking..
    senang menemukan blog ini, karena saya penyuka Agatha Christie
    salam kenal :)

    BalasHapus
  2. Salam kenal, @nannia. Senang bisa berkenalan dengan sesama penyuka Agatha Christie lainnya. Oh ya, dalam waktu dekat kami akan mengadakan event, kalau memungkinkan boleh banget lho berpartisipasi :D

    BalasHapus
  3. Sedikit perbandingan saya utk Holmes vs Poirot, http://reanhidayat.wordpress.com/2013/05/29/sherlock-holmes-vs-hercule-poirot/

    Silakan mampir kalo ada waktu hehe

    BalasHapus
  4. wow! pertama kali baca karya Agatha Christie itu g ada tokoh utama detektifnya, judulnya lupa2-inget sih, tapi ada hubungannya sama '7 lonceng'.. tapi habis itu g bisa berhenti baca karya2nya n terus nyari yg lain karena penasaran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti 'Misteri Tujuh Lonceng' :) Sebenarnya itu sequel dari Rahasia Chimneys (The Secret of Chimneys).

      Hapus